Creative Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan

by : arfadia

Creative Marketing untuk Meningkatkan Penjualan secara Efektif

Marketing sangat erat kaitannya dengan keberhasilan bisnis karena mampu meningkatkan kualitas bisnis Anda. Strategi pemasaran memiliki posisi yang sangat penting dalam mengontrol proses penjualan, mencegah terjadinya penurunan penjualan dan pelanggan serta mampu mencapai tingkat pemasaran sesuai target, karena itu dibutuhkan strategi pemasaran yang kreatif.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan oleh pebisnis dalam meningkatkan kuantitas penjualan, target pasar, usaha dan jasa yang ditawarkan. Strategi yang sekarang dibutuhkan diharapkan mampu meningkatkan kepuasan pelanggan sehingga akan diperoleh loyalitas pelanggan. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah kualitas produk yang konsisten karena akan berpengaruh juga terhadap loyalitas pelanggan. Perayaan momentum tertentu dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan penjualan secara efektif. Berikut ini ada beberapa contoh creative marketing untuk meningkatan penjualan dan cocok untuk usaha yang baru atau yang sudah lama:

5 Contoh Creative Marketing untuk Meningkatkan Penjualan

1. Digital Marketing

Internet sudah menjadi hal yang sangat dekat dengan kehidupan, banyak orang yang memilih menggunakan internet untuk menemukan jasa atau produk yang dibutuhkan. Dibandingkan harus mencari secara langsung dengan mendatangi tempatnya. Dengan menggunakan media internet, Anda dapat mempromosikan produk atau jasa yang ditawarkan tanpa persetujuan konsumen atau memanfaatkan keaktifan konsumen untuk menemukan produk atau jasa yang diperlukan dengan SEO (Search Engine Optimization) atau bisa juga dengan SEM (Search Engine Marketing).  

2.  Promo Khusus

Cara ini dapat dilakukan ketika ada momentum tertentu seperti perayaan hari raya idul fitri, natal, kemerdekaan, ramadhan, sumpah pemuda, valentine dan lainnya. Contohnya ketika peringatan hari sumpah pemuda, Anda dapat memberikan harga spesial bagi pelajar atau mahasiswa dengan menunjukkan kartu pelajar atau mahasiswa. Bentuk penawaran lainnya seperti pay one get two, mendapat diskon jika menghafal isi sumpah pemuda serta bentuk penawaran lainnya.

3. Paket Khusus

Cara ini juga sama seperti di atas, dapat dilakukan pada momentum tertentu. Namun, cara ini dilakukan dengan penjualan sebuah bundle produk khusus yang Anda buat. Misalnya ketika menjelang hari valentine, Anda membaut paket valentine yang berisi beragam coklat dan seikat bunga dengan harga yang lebih murah. Keuntungan yang diperoleh konsumen yaitu, bisa memberikan hadiah pada pasangannya dengan harga yang menarik dan ada tambahan nilai yang diperoleh konsumen, dan keuntungan bagi Anda adalah dapat meningkatkan omset penjualan dengan efektif.

4. Produk Khusus

Momentum tertentu menjadi ajang bagi pebisnis untuk meningkatkan jumlah penjualan. Untuk memanfaatkan momentum tersebut, Anda dapat mengeluarkan produk khusus atau produk baru yang sesuai dengan momentum tersebut. Misalnya ketika perayaan hari natal, Anda dapat mengeluarkan produk dengan hiasan yang ‘berbau’ natal, seperti pohon cemara, santa klaus dan lainnya. Serta tidak menutup kemungkinan produk ini menjadi produk reguler atau tetap menjadi produk khusus.

5. Tambahan Jam Layanan

Cara ini dilakukan ketika adanya momentum tertentu, misalnya seperti adanya perayaan HARBOLNAS yang jatuh pada tanggal 11 November atau 11.11 di tiap tahunnya. Biasanya pada situs belanja online akan memberikan diskon besar – besaran, untuk menyikapinya Anda dapat menambah jam layanan pada toko online Anda sehingga konsumen bisa mendapatkan pelayanan lebih lama dan dapat membantu Anda mempersiapkan pengiriman barang karena jumlah pelanggan yang bertambah.

Ya, jadi seperti itulah 5 contoh strategi pemasaran kreatif pada artikel ini. Anda menerapkannya pada bisnis Anda untuk meningkatkan penjualan, sehingga mampu bersaing secara global dengan usaha lainnya. Jangan pantang menyerah sebelum berhasi, semoga artikel ini berguna untuk Anda.